Wednesday, November 19, 2014

Sekilas Tentang Rhodium



Rhodium adalah unsur kimia yang langka, putih keperakan, keras, dan kimia lembam logam transisi dan anggota dari kelompok platinum . Ini memiliki simbol kimia Rh dan nomor atom 45. Ini terdiri dari hanya satu yang terjadi secara alamiah isotop , 103 Rh. Alami rhodium biasanya ditemukan sebagai logam bebas, paduan dengan logam yang sama, dan jarang sebagai senyawa kimia dalam mineral seperti bowieite dan rhodplumsite . Ini adalah salah satu yang paling langka dan paling berharga logam mulia .

Rhodium adalah disebut logam mulia , tahan terhadap korosi, ditemukan dalam bijih platinum atau nikel bersama-sama dengan anggota lain dari kelompok platinum logam. Itu ditemukan pada tahun 1803 oleh William Hyde Wollaston dalam satu bijih tersebut, dan nama untuk warna mawar dari salah satu senyawa klorin yang diproduksi setelah bereaksi dengan asam campuran kuat aqua regia . 
rhodium biasanya paduan dengan platinum atau paladium dan diterapkan dalam suhu tinggi dan korosi-resistif lapisan. Emas putih sering dilapisi dengan lapisan rhodium tipis untuk meningkatkan penampilan sementara sterling silver sering rhodium berlapis untuk ketahanan noda.

No comments:

Post a Comment