Wednesday, December 10, 2014

Cara perawatan perhiasan yg terbuat dari bahan Rhodium

Rhodium masih umum digunakan dalam perhiasan, tapi hampir seluruhnya sebagai pelindung plating pada keping emas dan perak. Rhodium adalah yang logam paling langka dan paling mahal dari semua logam yang digunakan dalam perhiasan.
Rhodium sering digunakan untuk melapisi emas putih atau perak untuk membuatnya tampak lebih terang dan lebih tahan lama, ini adalah logam yang sangat keras dan sulit pudar.





Cara perawatan perhiasaan Rhodium:
Penting:
- Lindungi perhiasan dari cairan / bahan kimia apapun (parfum, hairspray, alkohol, pembersih cat kuku, lotion, dll) karena dapat merusak perhiasan dengan cepat.
- Jangan menggunakan sikat atau kain kasar dalam membersihkan perhiasan, karena akan merusakan lapisan rhodium.
- Jangan menggunakan kimia celup untuk perak, produk berbasis amonia (cairan pembersih perhiasan emas), pasta gigi, kain polishing (kain pembersih perak dan emas), bahan abrasive (autosol) untuk membersihkan perhiasan.
Sedangkan untuk cara perawatan yang lain:
- Bersihkan perhiasan dari kotoran, bekas keringat, make up, dan segala sesuatu yang bersentuhan dengan perhiasan, segera setelah dipakai, hanya dengan air hangat (bukan air sumur), bukan sabun pewangi, dan keringkan dengan kain lembut.
- Lindungi perhiasaan dari tumbukan benda tajam, goresan dengan benda lainnya. Simpan perhiasan Anda dalam kotak berlapis kain lembut atau kantong. Usahakan untuk menyimpan perhiasan Anda secara terpisah, sehingga tidak saling bergesekan satu sama lain.
- Kenakan perhiasan untuk acara-acara yang tepat. Jangan berenang menggunakan perhiasan Anda. Clorine yang terkandung pada air kolam dapat mengakibatkan kerusakan ekstensif. Hindari mengenakan perhiasan saat melakukan pekerjaan rumah tangga atau aktivitas olahraga. Perhiasan dapat bersinggungan dengan unsur-unsur pengikis, yang dapat mengubah warna logam.

No comments:

Post a Comment