Thursday, December 25, 2014

Mutiara Lombok, Lombok Pearls


Perhiasan Mutiara Lombok telah dikenali diseluruh dunia, karena keindahannya serta kelangkaannya akibat tingkat kesulitan didalam budidayanya. Apakah anda tahu bagaimanakah pembuatan perhiasan mutiara dan Proses Terbentuknya Mutiara asli di alam? Artikel ini akan membahas tentang apa itu mutiara, Proses Terbentuknya Mutiara, budidaya mutiara, perhiasan mutiara, dan cara membedakan perhiasan mutiara asli dan perhiasan mutira imitasi.
Mutiara adalah objek keras yang diproduksi dari dalam mantel yang lembut dari seekor moluska (kerang mutiara). Seperti halnya kulit kerang yang keras, mutiara juga terbuat dari kalsium karbonat dalam proses kristalisasi yang terjadi dari waktu ke waktu. Bentuk ideal dari perhiasan mutiara adalah bentuk bulat sempurna dan sangat mulus permukaannya, tetapi banyak bentuk dari perhiasan mutiara adalah baroque atau bentuk perhiasan mutiara yang tidak teratur.

Perhiasan Mutiara

Bentuk mutiara yang baik dan sempurna, dinilai sebagai permata berharga dan telah menjadi objek perhiasan mutiara serta kecantikan dari abad ke abad, bahkan disebabkan oleh hal inilah, kata “mutiara” telah diasosiasikan dengan sesuatu yang berarti: sangar berharga, sangat langka, kebaikan, sesuatu yang di inginkan, dan memiliki nilai tinggi.
Mutiara yang bulat sempurna tersebut sebetulnya bisa terbentuk di alam liar, tetapi hal ini akan sangat jarang sekali terjadi. Mutiara seperti ini bisa disebut dengan “mutiara alami”, namun mutiara yang mendominasi pasar perhiasan saat ini adalah mutiara hasil budidaya perternakan mutiara, berasal dari kerang mutiara air laut dan kerang mutira air tawar.
Perhiasan mutiara imitasi juga saat ini diperjual belikan dengan luas dalam industry di segmen perhiasan murah, tetapi kualitas dari produk imitasi ini adalah rendah, dan sering sekali sangat mudah untuk membedakan mutiara imitasi ini dengan mutiara yang asli. Di masa kini, mutiara telah dibudidayakan dan dipanen serta digunakan untuk industry perhiasan, tetapi dimasa lalu mutiara juga telah digunakan dan disematkan pada pakaian-pakaian dimasa lalu. Mutiara juga bisa dihancurkan dan digunakan di industry kosmetik, obat obatan, dan didalam formula pewarnaan di industry cat.
Baik itu perhiasan mutiara alami atau perhiasan mutiara budidaya, kualitas perhiasan mutiara akan selalu berkilau seperti halnya interior didalam kulit kerang mutiara tersebut. Sebetulnya semua jenis maluska (kerang) dapat memproduksi benda keras seperti mutiara ini (namun mereka tidak dinamakan mutiara, tetapi disebut butiran-butiran kalsium, karena mereka kurang bersinar dan berbentuk kurang baik. Tetapi secara ilmuah mereka tetap didefenisikan sebagai “pearl” walaupun mereka tidak memiliki harga.

No comments:

Post a Comment